KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL
Unit Kerja : SMA NEGERI 1 TAMAN
Mata Pelajaran : Sejarah Peminatan
Kelas / Program : X / Ilmu ilmu Sosial ( 50 soal )
No | KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK / URAIAN MATERI | INDIKATOR | |
01. | 3.1 Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu. | Manusia dan Sejarah | · Menjelaskan pengertian sejarah · Menjelaskan arti penting sejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara · Menjelaskan konsep manusia hidup dalam waktu · Menjelaskan konsep manusia hidup dalam ruang · Menjelaskan ciri – ciri peristiwa sejarah · Menjelaskan keterkaitan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu | |
02 | 3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan. | Konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan. | · Menyebutkan empat konsep manusia hidup dalam perjalanan waktu · Menjelaskan konsep perkembangan dalam ilmu sejarah · Menjelaskan konsep keberkelanjutan dalam ilmu sejarah · Memberi contoh bentuk perkembangan dalam kebudayaan manusia · Menjelaskan pengertian fakta sosial · Menjelaskan wujud keativitas manusia masa lampau | |
03 | 3.3 Menganalis keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini. | Keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini. | · Menjelaskan konsep kehidupan manusia masa lalu · Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini | |
04 | 3.4 Menganalisis ilmu sejarah. | Sejarah Sebagai Ilmu | · Mendiskripsikan sejarah sebagai ilmu dengan benar · Menjelaskan karakteristik ilmu sejarah · Membuktikan sejarah sebagai ilmu · Mendiskripsikan sejarah sebagai peristiwa dengan benar · Menguraikan persyaratan peristiwa sejarah · Mendiskripsikan sejarah sebagai kisah dengan benar · Memberi contoh sejarah sebagai kisah · Mendiskripsikan sejarah sebagai seni dengan benar · Mengidentifikasi ciri – ciri sejarah sebgai seni dengan benar · Membedakan mitos dan sejarah · Menunjukkan contoh mitos yang menyerupai sejarah · Menyebutkan beberapa tema kajian ilmu sejarah · Menjelaskan makna belajar masa lalu | |
05 | 3.5 Menganalisis dan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah. | Berpikir Sejarah | · Menjelaskan manfaat berpikir kronologis · Menjelaskan tujuan berpikir kronologis · Menunjukkan contoh cara berpikir monokausalitas · Menunjukkan contoh cara berpikir multikausalitas · Menunjukkan contoh cara berpikir diakronis | |
06 | 3.6 Menganalis berbagai bentuk/jenis sumber sejarah. | Sumber Sejarah | · Menganalisis sumber sejarah berdasarkan bentuknya · Menunjukkan contoh sumber tertulis sezaman tidak setempat · Menjelaskan pengertian sumber primer · Menunjukkan contoh sumber dokumen · Menjelaskan paleontropologi sebagai ilmu bantu sejarah · Menyebutkan jenis sumber tertulis · Menjelaskan ciri – ciri mitos · Menjelaskan tema dari sebuah buku serarah · Menjelaskan pengertian fosil pandu | |
07 | 3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah. | Penelitian dan Penulisan Sejarah | · Menyebutkan tahapan dalam penelitian sejarah · Menjelaskan syarat – syarat dalam pemilihan topik · Menjelaskan tindakan peneliti dalam tahap heuristik · Siswa dapat menganalisis contoh kasus dalam tahapan heuristik · Menjelaskan pengertian verifikasi data · Menjelaskan manfaat kritik intern dalam verifikasi data · Menjelaskan kelemahan penulisan sejarah yang bersifat anakronistis · Menjelaskan pandangan sejarawan dalam penulisan sejarah Indonesia |
No comments:
Post a Comment