05/12/2013

Sej Peminatan

KISI – KISI ULANGAN AKHIR SEMESTER GANJIL

Unit Kerja       : SMA NEGERI 1 TAMAN 
Mata Pelajaran :  Sejarah Peminatan               
Kelas / Program           : X / Ilmu ilmu Sosial  ( 50 soal )


No

KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK / URAIAN MATERI

INDIKATOR
01.





3.1  Menganalisis keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu.

Manusia dan Sejarah
·   Menjelaskan pengertian sejarah
·   Menjelaskan arti penting sejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
·   Menjelaskan konsep manusia hidup dalam waktu
·   Menjelaskan konsep manusia hidup dalam ruang
·   Menjelaskan ciri – ciri peristiwa sejarah
·   Menjelaskan keterkaitan tentang konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu

02
3.2 Menganalisis konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan.
Konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan.
·   Menyebutkan empat konsep manusia hidup dalam perjalanan waktu
·   Menjelaskan konsep perkembangan dalam ilmu sejarah
·   Menjelaskan konsep keberkelanjutan dalam ilmu sejarah
·   Memberi contoh bentuk perkembangan dalam kebudayaan manusia
·   Menjelaskan pengertian fakta sosial
·   Menjelaskan wujud keativitas manusia masa lampau

03
3.3 Menganalis keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini.
Keterkaitan peristiwa Sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini.
·   Menjelaskan konsep kehidupan manusia masa lalu
·   Menganalisis keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia di masa lalu untuk kehidupan masa kini

04
3.4   Menganalisis ilmu sejarah.
Sejarah Sebagai Ilmu
·   Mendiskripsikan sejarah sebagai ilmu dengan benar
·   Menjelaskan karakteristik ilmu sejarah
·   Membuktikan sejarah sebagai ilmu
·   Mendiskripsikan sejarah sebagai peristiwa dengan benar
·   Menguraikan persyaratan peristiwa sejarah
·   Mendiskripsikan sejarah sebagai kisah dengan benar
·   Memberi contoh sejarah sebagai kisah
·   Mendiskripsikan sejarah sebagai seni dengan benar
·   Mengidentifikasi ciri – ciri sejarah sebgai seni dengan benar
·   Membedakan mitos dan sejarah
·   Menunjukkan contoh mitos yang menyerupai sejarah
·   Menyebutkan beberapa tema kajian ilmu sejarah
·   Menjelaskan makna belajar masa lalu

05
3.5   Menganalisis dan menerapkan cara berfikir sejarah dalam mempelajari peristiwa-peristiwa sejarah.
Berpikir Sejarah
·   Menjelaskan manfaat berpikir kronologis
·   Menjelaskan tujuan berpikir kronologis
·   Menunjukkan contoh cara berpikir monokausalitas
·   Menunjukkan contoh cara berpikir multikausalitas
·   Menunjukkan contoh cara berpikir diakronis


06
3.6   Menganalis berbagai bentuk/jenis sumber sejarah.

Sumber Sejarah
·   Menganalisis sumber sejarah berdasarkan bentuknya
·   Menunjukkan contoh sumber tertulis sezaman tidak setempat
·   Menjelaskan pengertian sumber primer
·   Menunjukkan contoh sumber dokumen
·   Menjelaskan paleontropologi sebagai ilmu bantu sejarah
·   Menyebutkan jenis sumber tertulis
·   Menjelaskan ciri – ciri mitos
·   Menjelaskan tema dari sebuah buku serarah
·   Menjelaskan pengertian fosil pandu

07
3.7 Menganalisis keterkaitan dan menerapkan langkah-langkah penelitian Sejarah terhadap berbagai peristiwa Sejarah.

Penelitian dan Penulisan Sejarah
·   Menyebutkan tahapan dalam penelitian sejarah
·   Menjelaskan syarat – syarat dalam pemilihan topik
·   Menjelaskan tindakan peneliti dalam tahap heuristik
·   Siswa dapat menganalisis contoh kasus dalam tahapan heuristik
·   Menjelaskan pengertian verifikasi data
·   Menjelaskan manfaat kritik intern dalam verifikasi data
·   Menjelaskan kelemahan penulisan sejarah yang bersifat anakronistis
·   Menjelaskan pandangan sejarawan dalam penulisan sejarah Indonesia


No comments:

Post a Comment

Related Post