17/08/2013

Tugas Besar Analisa Curah Hujan - Hidrologi


Analisa Frekuensi Hujan.
Analisa frekuensi hujan merupakan analisa statistik penafsiran (statistical inference) hujan, biasanya dalam perhitungan hidrologi dipakai untuk menentukan terjadinya periode ulang hujan pada periode tahun tertentu. Pada perencanaan teknik sumberdaya air, analisa frekuensi hujan ini sangat diperlukan dalam perhitungan kejadian banjir rencana apabila pada lokasi yang direncankan tidak terdapat pencatatan debit maksimum jangka panjang dan terus menerus.

Pada distribusi peluang terdapat persamaan distribusi peluang untuk variable acak deskrit (discrete random variables) misalnya Binomial dan Poisson, sedangkan variable acak kontinyu ( continue random variables) terdapat beberapa persamaan distribusi peluang kontinyu yang sering digunakan dalam perhitungan hidrologi untuk perhitungan hujan harian maksimum rencana misalnya sebaran Normal, Log Normal 2 Parameter, Log Normal 3 Parameter, Pearson tipe III, Log-Pearson Tipe III dan Gumbel Tipe I.

Uji Kesesuaian Distribusi Frequensi.
Untuk menentukan kesesuaian (the goodness of fit) distribusi frequensi empiris dari sampel data terhadap fungsi distribusi frequensi teoritis yang diperkirakan dapat menggambarkan atau mewakili distribusi empiris, diperlukan pengujian secara statistik. Dalam menentukan kesesuaian distribusi frequensi pada perhitungan statistic hidrologi sering diterapkan dua cara pengujian yaitu:
  1. Uji Kesesuaian Smirnov – Kolmogorov
  2. Uji Chi Kuadrat
Untuk mengantisipasi banjir atau gangguan akibat hujan daerah sekitar (Kampar), perlu dilakukan peninjauan secara rutin DAS Kampar stasiun Batu Bersurat, Kecamatan Xiii  Koto Kampar Kabupaten Kampar untuk menghasilkan data-data terkontrol setiap tahunnya.

UNTUK PENJELASAN RINCI TENTANG TIAP SEBARAN DAN UJI-UJINYA, MAKA SUDAH SAYA SIAPKAN DALAM BENTUK WORDNYA BERSERTA SOFTWARE UNTUK ANALISA CURAH HUJAN TERSEBUT.

INI BERTUJUAN UNTUK MEMUDAHKAN TEMAN-TEMAN YANG LAGI MENGERJAKAN TUGAS BESAR ANALISA CURAH HUJAN, BUKAN UNTUK BERMAKSUD YANG LAIN2. UNTUK FILE WORDNYA SILAKAN KLIK LINK DOWNLOAD DIBAWAH INI.

(Landasan Teori+Data Perhitungan+Software Analisa Curah Hujan)

No comments:

Post a Comment

Related Post