09/08/2013

Cara Menghapus URL Not Found Dan Server Error Pada Webmaster Tools

Cara Menghapus URL Not Found Dan Server Error Pada Webmaster Tools - Tips Blog Dunia Chayoy. Apa kabar teman chayoy semuanya...? mudah-mudahan dalam keadaan sehat selalu ya, sudah lama saya gak share tentang tips blog karena belakangan ini saya lebih fokus kepostingan yang berbau education, jadi untuk menyelengi postingan tersebut saya isi dengan salah satu tips blog yang gak kalah pentingnya untuk optimasisasi blog.

Tips blog yang saya bagikan disini adalah Cara Menghapus URL Not Found Dan Server Error Pada Webmaster Tools. Untuk memulai request link remove di webmaster tools maka kita harus tahu dulu link mana saja yang menyebabkan error not found atau server error, caranya ikuti petunjuk berikut :
  1. Masuk ke Dashboard Google Webmaster Tool
  2. Akan terlihat di bagian Crawl Errors menu Not Found, Klik saja disitu. Bisa juga masuk ke menu Diagnostics dan Crawl Errors, dan pilih menu Not Found

  3. Akan tampil link link yang tidak ditemukan di wbsite atau blog anda
  4. Download saja tabelnya, terserah milih yang mana untuk menu dibagian bawah. Tetapi kalau tidak ingin download maka biarkan saja dahulu (tapi saya sarankan untuk download dari google docs lalu save dalam mode excel, hal ini untuk memudahkan pengcopyan nantinya dalam penghapusan url)


  5. Lalu masuk kemenu google index dan pilih Remove URLs.
  6. Buka link yang di download tadi atau link error yang di tab Crawl Errors. Copy satu satu dan masukan ke input text New removal request.


  7. Klik tombol Continue, tunggu hingga terbuka halaman pemilihan untuk request penghapusan. Tinggal pilih reasonnya. Ingin menghapus page, page cache, atau directory.
  8. Setelah memilih reason klik Submit Request.
  9. Menurut pengalaman saya, tunggulah beberapa hari setelah kita merequest link remove, biasanya 1 hari paling lama.
  10. Setelah link tadi terhapus semua saatnya kita kembali ke bagian Crawl Errors menu Not Found. lalu klik centang pada tulisan priority agar semuanya bisa tercentang dengan sekali klik #ngapain repot2.
  11. Selanjutnya klik Mark As Fixed, apabila ada pemberitahuan klik saja OK. (tunggulah beberapa hari supaya URL Not Foundnya menjadi 0.
  12. Perlakuan yang sama juga dilakukan untuk menghapus Server error, jadi langkahnya sama ya teman chayoy.
  13. Jangan malas, kalau malas gak akan berhasil.... :-)
Cara Menghapus URL Not Found Dan Server Error Pada Webmaster Tools sudah bisa dilakukan, tinggal nunggu saja. Dan lakukan untuk link link lain yang dengan cara di atas. Dengan adanya Google Webmaster Tool Removed Url sangat membantu para webmaster untuk mempersehat blognya agar tidak ditemukan masalah seperti url not found dan server error yang akan membuat kecewa pengunjung dan tidak mau kembali lagi ke blog kita, biar blog kita gak begitu bagus yang penting sehat..betul tidak?

oke sekian dulu ya teman chayoy, semoga tips Blog kali ini dari dunia chayoy bisa membantu menambah cakrawala ilmu kita dalam dunia perbloggeran, sampai jumpa di postingan selajutnya.

No comments:

Post a Comment

Related Post