Struktur Pasar adalah
penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-ciri
seperti jenis produk yang dihasilkan, banyaknya perusahaan dalam industri,
mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam
kegiatan industri.
Dengan demikian dapat kita ketahui bahwa komposisi
pasar terdiri atas seluruh perusahaan dan konsumen yang ingin dan mampu membeli
serta menjual barang tertentu baik secara tunai maupun kredit. Jumlah penjual
(perusahaan) dan pembeli (konsumen) antara satu pasar dan pasar lainnya
tidaklah sama. Pada umumnya pasar tradisional terdiri atas banyak penjual dan
pembeli.
Berdasarkan struktur pasarnya bentuk-bentuk
pasar dibedakan menjadi sebagai berikut :
- Pasar
Persaingan Sempurna merupakan pasar di mana tidak ada satu perusahaan (penjual)
maupun konsumen (pembeli) yang secara individual dapat memengaruhi harga yang
berlaku di pasar. - Pasar
Persaingan tidak Sempurna merupakan pasar yang terbentuk jika salah satu syarat dari pasar sempurna
tidak terpenuhi.
No comments:
Post a Comment