RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 5 Semarang
Kelas / Semester : XII / 1
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
A. Standar Kompetensi:
1. Menampilkan sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka.B. Kompetensi Dasar :
1.1. Mendeskripsikan Pancasila sebagai ideologi terbuka
C. Indikator Pencapaian Kompetensi:
- 1. Menjelaskan makna ideologi negara
- 2. Menjelaskan unsur-unsur yang terkandung dalam ideologi
- 3. Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi
D. Tujuan Pembelajaran
Melalui diskusi peserta didik dapat:
- 1. Menjelaskan makna ideologi negara
- 2. Menjelaskan unsur-unsur yang terkandung dalam ideologi
- 3. Mendeskripsikan macam-macam-macam ideologi
E. Materi Pembelajaran
Makna idiologi negara:
- Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, sedangkan logos berarti ilmu. Menurut istilah ideologi berarti ilmu pengertian pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham.
- Ideologi sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup (Kamus besar bahasa Indonesia).
- Ideologi adalah sekumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan, cita-cita yang menyeluruh dan sistematis dalam bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan keagamaaan (Nur Wahyu Rochmadi, 3: 2007).
- Ideologi berasal dari kata idea dan logos. Idea berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita, sedangkan logos berarti ilmu. Menurut istilah ideologi berarti ilmu pengertian pengertian dasar, cita-cita yang bersifat tetap yang harus dicapai sehingga cita-cita yang bersifat tetap itu sekaligus merupakan dasar, pandangan atau paham.
- Ideologi sebagai kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup (Kamus besar bahasa Indonesia).
Unsur-unsur ideologi: Menurut John B Thomson unsur-unsur yang terkandung dalam idiologi adalah sebagai berikut :
- Interpretasi
- Etika
- Retorika
Macam-macam ideologi di dunia:
Dalam ilmu sosial, ideologi politik adalah sebuah himpunan ide dan prinsip yang menjelaskan bagaimana seharusnya masyarakat bekereja, dan menawarkan ringkasan masyarakat tertentu. Ideologi politik biasanya mengenai dirinya dengan bagaimana mengatur kekuasaan dan bagaimana seharusnya dilaksanakan.
Teori komunis Karl Marx, Friedrich Engels dan pengikut mereka, sering dikenal dengan marxisme, dianggap sebagai ideologi politik paling berpengaruh dan dijelaskan lengkap pada abad 20.
Contoh ideologi lainnya termasuk: anarkisme, kapitalisme, komunisme, komunitarianisme, konservatisme, neoliberalisme, Demokrasi Islam, demokrasi kristen, fasisme, monarkisme, nasionalisme, nazisme, liberalisme, libertarianisme, sosialisme, dan demokrat sosial.
F. Model/pendekatan/metode pembelajaran
- · Inkuiri
- · Diskusi
- · Tanya Jawab
Model Pembelajaran yang digunakan adalah Gambar dipasangkan / dikelompokan secara logis (picture & picture).
G. Kegiatan Pembelajaran
No | Kegiatan | Nilai Karakter | Waktu | Ket. |
1. | Kegiatan Awal (Apersepsi) :
Motivasi: Menginformasikan KD dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam pembelajaran. | Komunikatif | 10 menit | |
2 | Kegiatan Inti: Eksplorasi:
Guru menunjuk atau memanggil siswa secara bergantian memasang / mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis. Di langkah ini guru dapat melakukan inovasi karena penunjukan secara langsung kadang kurang efektif dan siswa merasa terhukum. Salah satu cara adalah dengan undian, sehingga siswa merasa memang harus menjalankan tugas yang harus diberikan. Guru membagi gambar-gambar yang sudah ada, siswa untuk diurutan, dibuat, atau dimodifikasi.. Elaborasi:
Konfirmasi:
| Tanggung jawab, Berpikir kritis, logis dan inovatif, dan demokratis. | 65 menit | Tugas kelompok (presentasi hasil diskusi) |
3 | Penutup:
| 15 menit | ||
Jumlah keseluruhan waktu | 90 menit |
Sumber :
- a. Drs. Chotib, dkk. 2007. Kewarganegaraan 3 Menuju Masyarakat Madani. Yudhistira: Jakarta.
- b. Tim Penulis. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XII. Semarang: Pemkot Semarang.
- c. Tim MGMP PKn Kota Semarang. 2012. LKS PKn Kelas XII. Semarang.
- d. Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, amandemen I, II, III dan IV. Bandung: Citra Umbara.
- e. www.wikipedia.org
I. Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi | Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen |
| Tes tertulis TugasKelompok | Uraian Laporan hasil diskusi | · Lampiran 1 · Lampiran 2 |
Mengetahui, Semarang, 16 Juli 2012
Kepala SMA Negeri 5 Semarang Mata Pelajaran
Drs. Waino S, S.Pd, M.Pd. Rochimudin, S.Pd.
NIP. 19550701 198703 1 003 NIP. 19760121 200701 1 005
Lampiran 1
SOAL URAIAN
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas.
1. Apakah fungsi ideologi bagi sebuah negara?
2. Jelaskan 3 unsur-unsur ideologi!
3. Jelaskan yang dimaksud ideologi komunis dan fasis!
4. Sebutkan 3 perbedaan antara ideologi liberal dan Pancasila!
5. Mengapa Pancasila termasuk sebuah ideologi?
Kunci dan Skor Penilaian Soal Uraian:
Kunci Jawaban:
1. Ideologi negara memberikan orientasi yang lebih eksplisit dan terarah kepada keseluruhan sistem masyarakat dalam berbagaiaspeknya dan dilakukan dengan cara dan penjelasan yang lebih logis dan sistematis.
2. Unsur-unsur ideologi:
Menurut John B Thomson unsur-unsur yang terkandung dalam idiologi adalah sebagai berikut :
- - Interpretasi
- - Etika
- - Retorika
3. Yang dimaksud ideologi komunis dan fasis adalah Komunisme atau Marxisme adalah ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia. sedangkan komunis internasional merupakan racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut "Marxisme-Leninisme". ecara umum komunisme berlandasan pada teori Materialisme Dialektika dan Materialisme Historis oleh karenanya tidak bersandarkan pada kepercayaan mitos, takhayul dan agama dengan demikian tidak ada pemberian doktrin pada rakyatnya, dengan prinsip bahwa "agama dianggap candu" yang membuat orang berangan-angan yang membatasi rakyatnya dari pemikiran ideologi lain karena dianggap tidak rasional serta keluar dari hal yang nyata (kebenaran materi).
- a. Kebebasan mutlak.
- b. Kepentingan individu lebih diutamakan.
- c. Persaingan bebas atau pasar dalam ekonomi.
Pancasila:
a. Kebebasan bertanggung jawab.
b. Keseimbangan antara kepentingan individu dan kepentingan bersama, kepentingan umum/kewajiban lebih diutamakan.
c. Menghindari persaingan bebas dalam ekonomi.
5. Karena memenuhi unsur-unsur ideologi beserta dimensi-dimensinya.
Skor Penilaian Soal Uraian:
No. SOAL | SKOR |
1 | 2 |
2 | 2 |
3 | 2 |
4 | 2 |
5 | 2 |
Jumlah | 10 |
Nilai akhir = jumlah skor
No comments:
Post a Comment