22/02/2013

RPP MODEL MULTIPLE INTELIGENCE IPA SD


Written By Catatan Ngajar Ustadz Bowo on Senin, 11 Februari 2013 | 09:47



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                         :   SDIT PERMATA HATI BATANG
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester            :   IV/1
Materi Pokok               :   Rangka Manusia
Waktu                          :   4 x 45 menit  (3 X pertemuan)
Judul RPP                   :    PADEPOKAN TOTOK DARAH TSU BA TSA
Standar Kompetensi   :    Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia  dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar      :    Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
Tujuan Pembelajaran          : 1. Siswa dapat mendeskripsikan rangka manusia seperti: rangka badan, rangka kepala, rangka anggota gerak dan sendi secara tekun ( diligence ) , tanggung jawab ( responsibility ) dan teliti ( careful)
2.     Siswa dapat mendeskripsikan fungsi rangka manusia
Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa:
Pertemuan 1 dan 2:
Apersepsi:
Pengkondisian kelas dengan yel-yel semangat
Scene setting:
Guru bercerita tentang seorang ahli totok darah itu harus dapat pas ketika mentotok darah pasiennya, karena kalau salah dalam mentotok bisa berakibat fatal cidera atau kematian. Oleh karena itu maka seorang ahli totok darah harus tahu bagian-bagian anggota tubuh manusia. Guru mengajak siswa untuk menjadi ahli totok darah dengan syarat harus tahu bagian-bagian tubuh manusia. Untuk itu siswa harus belajar bagian-bagian tubuh manusia dengan belajar pada “PADEPOKAN TOTOK DARAH TSU  BA TSA”  yang dipimpin oleh Begawan padepokan yang diperankan oleh siswa yang ditunjuk oleh guru untuk mengoperasikan komputer / alat peraga interaktif yang sudah kita buat.
Strategi:
Active Learning
Prosedur Aktivitas:
1.      Guru menunjuk salah satu siswa yang menjadi begawan bisa dengan acak, kuis atau rapi-rapian diantara siswa.
2.      Siswa dibantu guru untuk mengoperasikan alat peraga
3.      Ketika mencoba kuis atau latihan soal sang begawan meminta untuk semua siswa harus memberi jawaban, siapa yang benar menjawab dia bisa mengoperasikan alat peraga.
4.      Setelah selesai guru mengkelompokkan anak dengan berpasangan teman sebangku, yang satu orang berperan sebagai ahli totok dan seorang jadi pasien
5.      Guru mengadakan lomba totok darah dengan kriteria cepat dan benar bagi yang bisa mentotok daerah/bagian-bagian tubuh yang disebutkan oleh guru.
6.      Setelah selesai bergantian peran antara tukang totok darah dan pasiennya, gurupun mengadakan lomba yang sama.
7.      Pemenang bisa diadu di depan kelas.
8.      Pemenang dinobatkan sebagai ahli totok darah
Project:
v Mewarnai rangka manusia berdasarkan jenis tulangnya: merah: tulang pipa, kuning: tulang pipih, hijau: tulang pendek dikerjakan di rumah, setiap anak mendapat 1 lembar gambar rangka manusia
Penilaian:
1.      Dari aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan kriteria: semangat, kerjasama, kemampuan untuk menjawab soal/quis secara lesan ataupun lomba yang diadakan.
2.      Test tertulis
Penilaian aktivitas:
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
2.
3.
Kerjasama
Praktek
Sikap
* bagus
* sedang
* kurang
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* tenang, tidak bikin masalah
* sedang
* kurang
4
2
1
4
2
1
4
2
1
  KISI-KISI SOAL:
  1. Fungsi rangka
  2. Mengklasifikasikan jenis tulang
  3. Bagian rangka kepala
  4. Bagian rangka tubuh
  5. Bagian rangka anggota gerak
  6. Macam sendi pada manusia
  7. Kelainan tulang belakang pada manusia
SOAL:
1.      Apakah kegunaan rangka bagi manusia....
2.      Gambarkan contoh tulang pipih...
3.      Berikan contoh yang termasuk tulang pipa...
4.      Sebutkan bagian-bagian tulang yang terdapat pada gambar di bawah...


 

5.      Sebutkan yang termasuk sendi putar pada manusia...
6.      Sebutkan yang termasuk rangka kepala...
7.      Gambarkan rangka anggota gerak dan sebutkan bagian-bagiannya..
8.      Gambarkan kelainan tulang belakang manusia dan sebutkan namamya...
9.      Mengapa ada sebagian orang pada waktu tua menjadi bungkuk...
10.  Bagimana kalau manusia tidak mempunyai rangka...
LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Penilaian
Jumlah
Skor
Nilai
Aktivitas
Test tertulis
Produk
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

No comments:

Post a Comment

Related Post