26/03/2012

RPP BERKARAKTER KELAS X


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan        : MA SUNAN KALIJAGA BAWANG
Mata Pelajaran              : BIOLOGI
Kelas/Semester             : X/GASAL
Alokasi Waktu              : 2 X 40 menit

Standar Kompetensi :
 1. Memahami hakikat Biologi  sebagai ilmu.

Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi.


Indikator :
1.   Kognitif
F Produk
·         Menjelaskan karakteristik  ilmu Biologi.
·         Menjelaskan  apa yang dikaji oleh  ilmu Biologi.
·         Menjelaskan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu yang lain.
F Proses
·      Mendeskripsikan karakteristik ilmu Biologi
·      Menunjukkan bahan kajian ilmu Biologi
·      Menunjukkan kedudukan dan keterkaitan Biologi dengan ilmu lain
2.   Afektif
Karakter siswa yang diharapkan
Religiuns, disiplin (disipline), rasa hormat dan perhatian (respect), dan tanggungjawab (responsibility) serta ketelitian (carefullnes)
3.   Psikomotorik
Mengerjakan LKS 1 Biologi sebagai ilmu

Tujuan Pembelajaran
1.     Kognitif
Ø Produk
1.    Diharapkan setelah pembelajaran, siswa dapat menyebutkan pengertian ilmu Biologi
2.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menjelaskan ruanglingkup ilmu Biologi
3.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menunjukkan kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu yang lain
4.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu Biologi beserta bahan kajiannya
5.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan manfaat dan bahaya penayalahgunaan ilmu Biologi
Ø Proses
1.    Ditampilkan gambar organisme masa lalu dan masa kini serta habitat organisme, siswa mampu memberikan pengertian ilmu Biologi
2.    Setelah mengamati gambar tingkatan organisasi kehidupan, siswa mapu menyebutkan ruanglingkup ilmu Biologi
3.    Ditampilkan gambar bagan kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu lain, siswa mampu menjelaskan kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu lain
4.    Ditampilkan gambar-gambar cabang ilmu Biologi siswa dapat menyebutkan cabang ilmu biologi dan bahan kajiannya
5.    Setelah mengamati berbagai gambar manfaat dan bahaya Biologi, siswa mampu menyebutkan manfaat dan bahaya penyalahgunaan ilmu Biologi

2.      Afektif
Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan menunjukkan kemajuan perilaku berkarakter meliputi religius, disiplin (disipline), rasa hormat dan perhatian (respect), tekun (diligent) dan tanggungjawab (responsibility) serta ketelitian (carefullnes)


3.      Psikomotor
Disajikan materi Biologi sebagai ilmu berupa hand out, siswa mampu mencermati dan mengerjakan LKS 1 Biologi Sebagai Ilmu

 

Materi Pembelajaran : 
Biologi berasal dari kata Yunani bios = kehidupan dan logos = pengetahuan. Biologi  merupakan ilmu yang mengkaji makhluk hidup dengan segala permasalahannya. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik  yang sama dengan ilmu sains lainnya. 
Ruang lingkup biologi meliputi objek biologi dan permasalahannya dari berbagai tingkat organisasi kehidupan (sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer).
Cabang-cabang ilmu biologi : Genetika (mempelajari gen), Sitologi (mempelajari sel), Histologi (mempelajari jaringan), Morfologi (mempelajari struktur luar organisme), Anatomi (mempelajari struktur dalam organisme), Fisiologi (mempelajari proses kehidupan), Taksonomi (mempelajari klasifikasi organisme), Ekologi (mempelajari hubungan organisme dengan lingkungannya), Evolusi (mempelajari asal-usul kehidupan dan perubahan organisme dari waktu ke waktu), Virologi (mempelajari virus), Bakteriologi (mempelajari bakteri), Botani (mempelajari tumbuhan), Zoologi (mempelajari hewan), Mikologi (mempelajari jamur), Ornitologi (mempelajari burung), Entomologi (mempelajari serangga).
Manfaat mempelajari Biologi : untuk memecahkan berbagai masalah guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia, misalnya masalah makanan, pakaian, tempat tinggal, energi, lingkungan, kesehatan dan sosial.
Manfaat biologi dalam bidang pertanian:
Ø Meningkatkan hasil pertanian melalui bibit unggul dan pemupukan.
Ø Melalui bioteknologi dan rekayasa genetika ditemukan tanaman yang mampu menghasilkan insectisida sendiri.
Ø Melalui teknik kultur jaringan tanaman dapat dibudidayakan dalam waktu singkat dan jumlah yang banyak.
Ø Rekayasa genetika membuat tanaman berbuah tanpa biji.
Manfaat bilogi dalam bidang peternakan
Ø Inseminasi buatan/kawin suntik dengan tujuan memperoleh hewan ternak dengan kualitas yang diinginkan.
Ø Fertilisasi invitro.
Manfaat biologi dalam bidang kedokteran
Ø Transplantasi organ/pencangkokan.
Ø Virologi mendasari ditemukannya vaksin.
Ø Mikrobiologi mengidentifikasi bakteri dan menemukan anti bakteri tersebut.
Manfaat biologi dalam bidang industri
Ø Industri makanan memanfaatkan organisme, misal: yoghurt, kecap, tempe, keju, nata de coco, bir, tape, sake.
Ø Pemanfaatan mikroorganisme untuk pembuatan obat, antibiotik dan hormon. Misal hormon insulin, vit B12.
Bahaya: ilmu biologi disalah gunakan untuk menghancurkan kehidupan dan kesejahteraan hidup manusia.
Metode Pembelajaran :
Multi metode:
-          Active learning dengan strategi Every One is a Teacher Here
-          Diskusi                 
-          Tanya Jawab

Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan awal
-          Memberikan apresepsi dengan menanyakan arti dari Biologi.
-          Menjelaskan arti biologi
-          Menjelaskan tujuan pembelajaran
2.      Kegiatan inti
-          Siswa membaca dan mengerjakannn LKS 1 materi karakteristik ilmu biologi, bahan kajian biologi serta keterkaitan dan kedudukan ilmu biologi dengan ilmu yang lain.
-          Presentasi hasil kerja kelompok secara acak tiap kelompok
-          Penguatan dan penghargaan atas usaha siswa oleh guru
-          Siswa menerima kertas/kartu kosong, kemudian menuliskan satu pertanyaan dari materi yang dibacanya.
-          Soal diacak, siswa menerima acakan soal.
-          Siswa membaca soal yang baru diterima dan mendapatkan kesempatan untuk menjawab soal tersebut dalam benak masing-masing siswa.
-          Siswa mendapat giliran membaca dan menjawab pertanyaan yang diperolehnya lewat lemparan bola plastik oleh guru.
-          Diskusi dan klarifikasi jawaban.
-          Siswa diminta melempar bola plastik lagi, siswa yang terkena membaca dan menjawab pertanyaan yang dibawanya. Hal ini terus dilakukan sampai pertanyaan habis.
3.      Kegiatan Akhir
-          Pemantapan materi dengan merangkum pembelajaran bersama dengan siswa
-          Pemberian tugas rumah LKS Gemilang hal 5-7, dikumpulkan pertemuan nselanjutnya.

Alat/ Bahan/ Sumber Belajar:
-          Alat tulis                                            - Buku Biologi Kelas X yang relevan
-          Kartu kosong                                     - LKS 1 Biologi Sebagai Ilmu
-          Bola plastik                                 

 Penilaian  Afektif:
No
Nama
Perilaku
Nilai
Keterangan
Disiplin
Resposibility
Respect
Ketelitian
Religius
1.








2.









Ø  Kedisiplinan siswa
Ø  Keseriusan dalam mengikuti kegiatan materi
Ø  Sikap dan tingkah laku siswa dalam mendengarkan penjelasan materi selama KBM
Ø  Pembacaan do’a dan salam
Kriteria
1        = kurang
2        = sedang
3        = baik
4        = amat baik

Nilai =

0-      20    = K
21-40     = D
41-60     = C
61-80     = B
81-100  = A

Penilaian Kognitif

Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
1.    Diharapkan setelah pembelajaran, siswa dapat menyebutkan pengertian ilmu Biologi
Tes tertulis

Essay

1.   Jelaskan pengertian ilmu Biologi
2.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menjelaskan ruanglingkup ilmu Biologi
Tes tertulis
Essay
2.    Sebutkan ruanglingkup ilmu Biologi
3.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menunjukkan kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu yang lain
Tertulis
Essay
3. Jelaskanlah kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu yang lain
4.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan cabang-cabang ilmu Biologi beserta bahan kajiannya
Tertulis
Essay
4. Sebutkan 4 cabang ilmu Biologi serta bahan kajiannya
5.    Diharapkan setelah pembelajaran siswa dapat menyebutkan manfaat dan bahaya penayalahgunaan ilmu Biologi
Tertulis
Essay
5. Sebutkan manfaat dan bahaya mempelajari ilmu Biologi



Jenis Instrumen      : Tes tulis
Teknik                     : Tugas
Bentuk Instrument : Uraian
Instrumen                :

Jawablah pertanyaan berikut.
1.     Jelaskan pengertian ilmu Biologi
2.     Sebutkan ruanglingkup ilmu Biologi
3.     Jelaskanlah kedudukan ilmu Biologi terhadap ilmu yang lain
4.     Sebutkan 4 cabang ilmu Biologi serta bahan kajiannya
5.     Sebutkan manfaat dan bahaya mempelajari ilmu Biologi

Kunci Jawaban:
1.   Memiliki objek kajian yaitu makhluk hidup
2.   Sitologi mengkaji mengenai sel, Genetika mengkaji mengenai pewarisan sifat. (Bisa dijawab dengan cabang ilmu biologi yang lain)
3.   Manfaat: untuk memecahkan berbagai masalah guna meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
4.   Bahaya: disalah gunakan untuk menghancurkan kehidupan dan kesejahteraan hidup manusia
5.   Sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,populasi, komunitas, ekosistem, biosfer.

Penskoran
Skor maksimal 100
Setiap items soal bernilai  20

 Rubrik Soal Uraian
No. Soal
Kriteria
Skor
1.
Jika menjawab lengkap
Jika  menjawab kurang lengkap
Jika menjawab tidak lengkap
Jika tidak menjawab

3
2
1
0
2.




3




4




5




Jika menjawab lengkap
Jika  menjawab kurang lengkap
Jika menjawab tidak lengkap
Jika tidak menjawab

Jika menjawab lengkap
Jika  menjawab kurang lengkap
Jika menjawab tidak lengkap
Jika tidak menjawab

Jika menjawab lengkap
Jika  menjawab kurang lengkap
Jika menjawab tidak lengkap
Jika tidak menjawab

Jika menjawab lengkap
Jika  menjawab kurang lengkap
Jika menjawab tidak lengkap
Jika tidak menjawab
3
2
1
0

3
2
1
0

3
2
1
0

3
2
1
0


Nilai = Skor yang diperoleh / 15 x 100

Format Penilaian
N0.
Nama Siswa
Nomor soal
Skor Siswa
Nilai
1
2
3
1.
2.
3.
4.
5.
dst







Ø  Unjuk Kerja/Performance
Aspek yang dinilai:
Memahami permasalahan, menggunakan media, menyampaikan pendapat, koordinasi dengan kelompok
Rubrik Penilaian
No.
Nama Siswa
Indikator
Skor
Nilai
Memahami permasalahan
menggunakan media
menyampaikan pendapat
koordinasi dengan kelompok
1.
2.
dst.








Kriteria skor
5 = mampu dengan amat baik
4= mampu dengan baik
3= mampu dengan cukup baik
2= kurang mampu
1= amat kurang mampu

Nilai siswa – skor siswa/skor maksimal x 100

No comments:

Post a Comment

Related Post